Selasa, 11 Juni 2013

Ilmu Komputer

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Bakri Arianto........
Salam sejahtera untuk kita semua dan salam hormat kepada dosen “Muh.Riska Babo”
Kali ini sya akan membuat postingan,dimana postingan ini saya akan bercerita tentang awal dan akhir pertemuan saya di mata kuliah ilmu komputer” yang di ajarkan oleh kak riska, dosenku yang paling(tampan)J dan yang paling baik yang pernah mengajar saya.
Baiklah kita melangkah pada

Pertemuan pertama
tanggal 13-Januari-2013
Ini adalah pertemuan pertama saya di mata kuliah ilmu komputer J. Hmm. Pembahasan materi ini cukup menarik yaaahh J materiya adalah “sejarah perkembangan computer”.

 Blog Mousetik di Indonesia dimulai pada tahun 1967. Sejak saat itu permintaan pemasangan dan penggunaan peralatan komputer semakin meningkat terutama pada instansi-instansi Pemerintah sehingga Pemerintah merasa perlu untuk mengadakan pengaturan pemanfa’atan peralatan komputer dengan membentuk suatu badan yang dikenal dengan nama BAKOTAN (Badan Koordinasi Otomatisasi Administrasi Negara) pada tanggal 4 Juli 1969 yang berfungsi sebagai konsultan bagi instansi-instansi yang akan membeli atau menyewa peralatan komputer.
Sebagai konsekuensi dari penggunaan peralatan komputer adalah perlu disediakannya tenaga kerja yang mampu menangani tidak hanya peralatan komputernya tetapi juga seluruh faset yang terlibat di dalam pengelolaan komputerisasi. Pengetahuan yang diberikan dalam rangka penyediaan tenaga kerja itu adalah relatif terbatas. Ruang lingkup pendidikannya diarahkan kepada merek/tipe mesin yang bersangkutan.

Masalah komputerisasi dalam bidang pendidikan memasuki perguruan tinggi sebagai salah satu mata pelajarannya terutama pada Fakultas Teknik (Jurusan Teknik Elektro), Fakultas Ekonomi (Jurusan Manajemen). Kebanyakan materi yang diberikan adalah pengenalan komputer dan komputerisasi.

Perkembangan Komputer Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

  1. Komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan
  2. pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar
  3. perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket
  4. yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan
  5. panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan
  6. berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba
  7. sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
  8. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
  9. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
  10. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik

Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :

1. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan bijibijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.

2. Kalkulator roda numerik - numerical wheel calculator
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada
tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel
calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.

Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda
putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini
merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah
hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.

3. Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von
Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar
yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.

4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.

Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tibatiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.

Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

Perkembangan Komputer Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.

1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya.

Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa komputer generasi pertama :

A. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.

Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep
penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von
Neuman.

B. EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.

C. EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator )
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan
raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

D. UNIVAC 1 Computer
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal
Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data
perdagangan.

2. Komputer generasi kedua ( 1959 -1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.

IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar. 

Mesin tersebut sangat Mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. 

Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.

Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini. 

3. Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. 

IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

4. Komputer generasi keempat ( awal 80an - ??? )
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. 

Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputerkomputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

5. Komputer generasi kelima ( masa depan )
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. 

Perkembangan Komputer Kemajuan lain adalah
Teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
Dari berbagai sumber.


Pertemuan ke dua
tanggal 20-Februari-2013

ini pertemuan kedua saya di mata kuliah ini. Kali ini pembahasan materinya terdapat 2 poin.
·         poin pertama system komputer dan
·         poin kedua perangkat computer.

Poin pertama Berbicara tentang system computer coba baca dari pengertiannya saja yahh.. Sistem adalah suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan. Dengan itu dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem komputer adalah  elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi. J
Selanjutnya poin kedua yaitu Prangkat KOmputer. Berbicara tentang perangkat computer itu terbagi dua :
·         Hardware (Perangkat Keras) dan
·         Software (Perangkat Lunak) dan jangan lupa juga
·         BRAINWARE (Manusia) sebagai pengguna J.
Kemudian device computer dimana ada Input Device,  Proses Device, dan Output Device. Saya ambil contoh nihh System kerjanya kek mausia, inputnya adalah mulut, prosesnya adalah perut dan outputya adalah pantat. Ahahahaha :D :D jangan jorok yahh fikirannya.  sama seperti device computer dimana inputnya itu adalah mouse, keyboard dan lain2, trus proses devicenya itu adalah CPU dan Outputnya itu seperti printer, dan speaker..
Mungkin itu saja yang saya bisa buat J.


pertemuan ke tiga
tanggal 27-Februari–2013

pagi pun mulai,Ceritanya saya lanjut yaaahhhh........................
kali ini pembahasan materinya masih minggu yang lalu. Dan pembahasannya ditambah yaitu Hardware (perangkat keras) dimana ada Input device, proses device, dan output device. Kali ini cara belajarnya beda. Kalau yang minggu-minggu kemaren kak Babo (dosenku) hanya menjelaskan materi saja, dosen menyuruh kami membentuk kelompok dimana dalam setiap kelompok terdiri dari 3 sampai 5 orang. Dimana setiap kelompok harus menguasai materii yang di berikan oleh dosen.  Di pertemuan ini sichhh aga’’ kocak.hehe tpi meskipun kocak yang penting kita senang menjalaninya..


Pertemuan ke empat
tanggal 06 –Maret–2013

Pertemuan yang keempat ini materinya masih seperti minggu yang lalu. Yaitu Hardware (perangkat keras). Berbicara tentang hardware tentu ada
§  Input device,
§  Procs Device, Dan
§  Output Device.
Pertama yang saya tau tentang Input Device adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan  data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk di olah guna menghasilkan informasi yang di perlukan. Contohnya seperti mouse, keyboard, scanner, touchpad, joy stik dan masih banyak yang lainnya J. Trus proses Device adalah  memahami dan melaksanakan perintah dari data prangkat lunak. Contohnya Mainboard, Power supply, Casing, Memory, VGA Card, Audio Card. Selanjutnya output device adalah alat yang berfungsi menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data, keluaran dapat berupa hard copy (ke kertas), soft Copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Contohnya seperti Printer, speaker, microphone dan lain-lain. Hanya ini yang bisa saya paparkan pada pertemuan yang ke empat ini karena sebelumnya sudah di bahas pada pertemuan ke tiga. Terima kasih J

Pertemuan Ke lima
Tanggal 13-Maret–2013

Pada pertemuan yang ke lima ini materi yang akan di bahas oleh dosen saya adalah Software (perangkat lunak). Sedikit pembahasan yang saya tau Software (perangkat lunak) adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan di atur oleh computer, data elektronik yang di simpan dalam computer itu berupa program yang akan menjalankan suatu peritah. Jenis-jenis software Berdasarkan Fungsinya ada 3 yaitu :
*      Sistem Operasi,
*      Software Pemrograman,
*      Sofware Aplikasi dan berdasarkan Pendistribusiannya :
*      Software berbayar, Shareware, Freeware, Opensource.

Hmm sedikit penjelasan yahh Sistem operasi / operating system “ OS Secara umum, sebuah sistem komputer terdiri atas hardware, software, dan brainware di mana ketiganya saling terkait satu sama lain. Ketiganya merupakan syarat mutlak untuk menjalankan sebuah sistem komputer. 

Sebuah Sistem Operasi merupakan program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna (user)  komputer dengan hardware (perangkat keras) komputer. Tujuan dari sistem operasi adalah untuk menyediakan lingkungan di mana user dapat mengeksekusi program yang di ingginkan dengan efisien.

Sebuah Sistem Operasi sama halnya dengan sebuah Perintah. Komponen-komponenya seperti hardware, software dan data. Sistem Operasi menyediakan kemudahan untuk meggunakan berbagai sumber daya dalam sebuah operasi. Sama halnya dengan sebuah pemerintahan, sistem operasi tidak bekerja sendirian.

Sistem operasi harus menyediakan sebuah lingkungan yang di dalamnya terdapat berbagai program untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Pandangan lain tehadap sebuah sistem operasi terfokus pada kebutuhan pengendalian (control) program. Control Program mengendalikan eksekusi program user untuk mencegah error.

Tujuan Utam sebuah Sistem Operasi adalah untuk kenyamanan User. Sistem Operasi ada untuk lebih memudahkan user mengoperasikan komputer di banding tanpa sistem operasi. Tujuan lainnya adalah untuk mengefisienkan operasi sisitem computer sekaligus bertugas melakukan control dan koordinasi pengguna perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user berbeda.


Pertemuan Keenam
Tanggal  20 - Maret –2013

Kali ini teman’’ di pertemuan ke enam ini, kita akan membahas tentang windows dan linux
Di mana Kak.riska atau yang biasa di panggil kak babo hehe,,,,memberikan pertanyaan kepada kita yaitu yang manakah yang lebih unggul windows atau linux..tentunya
Sya memberi jawaban linux, mengapa ?, Linux dan Windows sebenarnya sama-sama merupakan suatu system operasi komputer. Hanya saja linux merupakan system operasi terbuka (open source) yang berarti system ini gratis dan bisa dikembangkan oleh siapa saja. Sedangkan Windows adalah system operasi tertutup (komersial) yang berarti pada system ini kita harus membeli lisensi dari perusahaan yang membuatnya (microsoft)jika kita ingin menggunakannya, dan juga system ini tidak bisa dikembangkan oleh pihak lain.
Karena Linux dapat dikembangkan oleh banyak orang karena sifat open sourcenya itu, maka Linux mempunyai banyak macam. Macam-macam itu di sebut “Distro”. Alasanya karena pengembanganya tidak dilakukan oleh satu orang atau perusahaan melainkan oleh banyak orang. Di windows pun juga begitu sama-sama memiliki banyak macam, tapi macam-macam itu disebut “versi” karena pengembanganya hanya dilakukan oleh satu perusahaan saja yaitu Microsoft.
Nah itulah tadi penjelasan perbedaan antara linux dan windows.

Pertemuan ke tujuh
tanggal 27 -Maret– 2013

ceritanya saya sambung yaaaaahh.....
         Skarang pertemuan ke tujuh Kali ini materi yang akan di bahas adalah Jaringan Komputer. Saya masih ttp senang dan bahagia karna masih kak.Babo yang mengajar meskipun ada yang bilang low akan ada yang menggantikan kak.babo..saya agak-agak kecewa itu hari..tapi pginya lgi ehhh..saya senang karna yang saya temui lagi kak.Babo..senang banget dehhhhhh.........
pengertian jaringan computer Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk dan sebagainya.

Selain itu jaringan computer juga mempunya banyak manfaat seperti : 
·         Sharing Resources,
·         Media Komunikasi,
·         Integrasi Data,
·         Pengembangan dan Pemeliharaan,
·         Keamanan Data,
·         Sumber Daya Lebih Efisien dan
·         Informasi Terkini.

Selain ada juga macam-macam Jaringan computer  seperti:
·         Jaringan broadcast,
·         Jaringan point-to-point,
·         Local Area Network (LAN),
·          Metropolitan  Area Network (MAN),
·         Wide Area Network (WAN).

Dalam jaringan computer ada yang di sebut topologi, topologi ini sangat penting karena tanpa bantuan topologi jaringan computer tidak akan bisa di bangun. Ini nihh penjelasannya Topologi adalah istilah yang digunakan untuk menguraikan cara bagaimana komputer terhubung dalam suatu jaringan, dan Topologi fisik jaringan terdiri dari:
·         Bus,
·         Ring,
·         Star.
Salah satu perangkat yang diperlukan untuk membangun lan.

mmm...maaf yahh.. hanya satu yang saya tampilkan hehe....

Pertemuan ke Delapan
tanggal 03–April–2013

Pada pertemuan kali ini, sama yah seperti biasanya masuk jam 07.30 paggi J trus belajarnya dengan teman-teman kuliah lainnya. Pada pertemuan ini dosen gak ngasihh materi, tapi ngasih kuis. Hmmm kuis…!! bisa gak yahh saya ngejawabnya L. Kirain soalnya akan di bagikan satu persatu oleh dosen. Tapii dipikiranku salah, soalnya di tampilkan oleh dosen melalui proyektor J sistem kerjanya baca soal langsung jawab dan di beri waktu hanya 2 menit saja. Huuhh makin takut rasanya L tapii semuanya terlewatkan jugga alhasil selesai jugga akku jawab J sampai disini dlu ceritaku pada pertemuan kali ini moga klian senang..

Pertemuan ke Sembilan
tanggal 10–April–2013

Skarang pertemuan ke kesembilan, hari gak ada materi yang dibahas oleh dosen saya,  sama kayak minggu yang lalu. Dan pada pertemuan kali ini kami akan melakukan MID, adapun materinya masalah pertemuan-pertemuan yang lalu, hmm agak deg-degan sihh, yang timbul di fikiran saya. Bisa gak yahh saya menjawab semua soal MID itu ? percaya diri aku tanamkan di fikiranku dalam-dalam bahwa “akku pastii bisa menjawabnya”.hehe...
 Pass soalnya di tampilkan melalui proyektor. Ahaha :D :D senang rasanya karena kenapa soalnya itu sama kayak minggu yang lalu. Tapii kali ini nilai MID, Bukan kuis. Alhamdillah yahh J semuanya bisa saya jawab, walau jawabannya gak semua benar, tapii gak apalah yang penting usaha. J itu cerita saya pada pertemuan ke Sembilan J J..moga sukses...aminnnnnn

Pertemuan ke sepuluh
tanggal 17 – April – 2013

Pada pertemuan kali ini materi yang akan di bahas adalah INTERNET.  internet kata ini tentunya sudah familiar di telinga saya dan pastinya di telinga seluruh mahasiswa ruangan kelas yang saya tempati. sebelum masuk ke pembahasan Internet, dosen memberikan ilustrasi bagaimana sihh internet itu ? kak Babo (dosen saya) memegang sebuah benang wol. Difikiranku timbul pertanyaan ? apa hubungannya sihh benang wol dam Internet ? hmm jadi makin bingung. Mungkin mata kuliahnya diganti kali  yah.. jadi mata kuliah KRT sama pass SMK ku kemaren. Hahaha Intermezo yahh J J.
Kami semua di suru berdiri dan membentuk bundaran kecil, ujung benang wol yang di pegang oleh teman saya dan benangnya di oper dari teman yang satu ke teman yang lainnya. masing – masing mahasiswa di bebang benang wol itu ingin di berikan kepada siapa dan dari situlah kita bisa menarik kesimpulan bahwa internet adalah jaringan yang terhubung satu dengan yang lain. Biar lebih jelas ini materi yang di berikan oleh dosen saya setelah ilustrasi tadi J :
INTERNET (Inter Connected Network)
Jaringan global yang menghubungkan komputer satu dengan lainnya di seluruh dunia , menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP).
Keunggulan Internet :
·         Fast (real time)
·         User friendly
·         Global area bisa melampaui batas Negara.
·         24 jam akses
·         Interactive (memilih jenis informasi dan ada umpan balik)
·         Hyperlink (tetap tersambung ketika membuka satu halaman ke halaman lain)
·         No license required
·         No cencorship (belum ada satu Badanpun yang bisa menyensor informasi internet)
·         No birocration
·         Etika berinternet (Netiket)
·         Fasilitas yang ada di internet
·         Www (web)
·         E-mail
·         Chating
·         Voip
·         Ftp / download
·         Net meeting
·         Conference Yang bisa dilakukan di internet
·         Membaca koran online
·         Jalan ke kampus lewat google earth , map , dll
·         Kuliah online
·         Transfer duit
·         Belanja lewat internet
·         Mencari foto dan gambar
·         Biskusi (sharing informasi)

Setelah menulis sambil memahami materi di atas, dosen lalu memberikan tugas di sebuah situs yang bernama Voice Trhead. di situs ini dosen telah memosting suatu pertanyaan yang nantinya kita akan menjawabnya via text, video, maupun audio. Adapun pertanyaannya yaitu “bagaimana anda sebagai calon pendidik dalam memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran” ? lebih bagusnya yahh di postingnya lewat audio, tapii saya postingnya melalu via text ajja. J hmm inilah cerita saya pada pertemuan kali ini J .

Pertemuan ke sebelas
tanggal 24 –April-2013

Gak kerasa yahh J skarang pertemuan ke sebelas. Hmm MIDnya jugga udah selesai J pagi ini sama yahh kayak minggu kemarin gak ada materi tapii dosen ngasih tugas. Dosen ngasih judul materi dan kami di suruh membentuk kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 3 sampai 4 orang. kali ini kami terdiri dari delapan kelompok tiap kelompok mendapat 1 pembahasan materi. Ini nama kelompok  dan judul materinya :
*      Kelompok 1 : Internet dan web
*      Kelompok 2 : ebussines dan ecommerce
*      Kelompok 3 : Cloud Computing
*      Kelompok 4 : Bahasa pemrograman
*      Kelompok 5 : sistem multi media
*      Kelompok 6 : sistem pakar
*      Kelompok 7 : etika computer
*      Kelompok 8 : pengembangan sistem

Hmm difikiranku itu sihh gampang tinggal search ajja di om google hmm dapat deh  materinya J J  tapii ternyata salah L nyari materinya tuh gak segampang yang di fikiranku. Ternyata materi makalahnya tuh ada syaratnya :
1.      Materinya harus dari artikel yang terpercaya dan journal yang ber ISSN
2.      Kalau gak dapat journal bisa sihh ngambil materinya dari buku dengan catatan harus dari 2 buku yang Btentunya ber ISSN jugga dong. J
hmm itu sihh yang saya ingat pada pertemuan kali ini. Susah kan ?    hanya itu yang bisa saya ceritakan pada pertemuan kali ini. Makasih J

pertemuan ke dua belas
tanggal 01–Mei–2013

Skarang pertemuan ke dua belas J pada pagi ini kami menepati tugas dari dosen. Dimana kita akan diskusi mengenai materi yang telah di bagikan oleh dosen. Pada pertemuan kaliini ada dua kelompok yang akan memaparkan tentang materinya. Kelompok pertama dengan pokok bahasan materi “INTERNET DAN WEB”.
Hmm yang saya tangkap pada dikusi kali ini adalah INTERNET (Interonnected networks) adalah kumpulan jaringan-jaringan computer (networks) sedunia yang saling berhubungan satu sama lain. Agar bisa berhubungan, internet menggunakan bahasa yang sama yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP memberikan sebuah alamat (address) dan identitas (identity; disingkat id) yang unik (tidak boleh sama) pada setiap computer di seluruh dunia untuk menghindari adanya kesalahan pengiriman data. Contoh dari alamat TCP/IP adalah 167.205.9.35.
ini adalah gambaran koneksi internet.

 Kemudian WEB Layanan World Wide Web (WWW) atau Web merupakan jenis fasilitas layanan yang paling menarik bagi pengguna Internet. Pada awalnya Web hanya sekedar menampilkan informasi yang dapat dibaca oleh pengguna internet. Akan tetapi, saat ini Web juga digunakan oleh perusahaan sebagai sarana promosi ke seluruh dunia
Setiap dokumen dalam Web dibuat dengan format bahasa standar yang disebut sebagai HTML (HyperText Markup Language) dan diakses melalui program browser, HTML memungkinkan teks, gambar, atau objek tertentu memiliki link yang dapat membawa kamu kepada file-file bunyi, video, dan dokumen-dokumen lain. J Itu yang saya ketahui dari kelompok satu J.
  Istilah e-business dan e-commerce seringkali terlihat dan digunakan untuk proses yang sama. Namun demikian, meskipun berhubungan, keduanya memiliki arti yang berbeda. Awalan “e” berarti “elektronik”, yang berarti kegiatan atau transaksi yang digunakan tanpa pertukaran atau kontak fisik. Transaksi diadakan secara elektronik atau digital, sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya perkembangan komunikasi digital.
Dan kelompok kedua dengan pokok bahasan materi yaitu “E-COMMERCE dan E-BUSSINES”. Ini nihh sedikit pembahasannya E-Commerce adalah proses pembelian, penjualan, atau pengantian produk, pelayanan dan informasi dengan menggunakan jaringan internet. E-commerce berarti transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerahterimaan (handing over) kepemilikan dan hak atas produk atau jasa.
Secara teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena, menurut definisi, e-business adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi via database terpusat juga dilakukan dalam e-commerce. Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.
Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
E-Business adalah adalah kegiatan menjalin relasi dengan konsumen/ klien, bertukar data dalam satu Perusahaan dengan menggunakan internet. Bertukar data dalam perusahaan itu contohnya jika manajer pembelian PT X(kerja di kantor pusat,misal Jakarta) ingin tahu data penjualan barang Y dari kantor cabang di kota Ambon. Nah ia minta dikirimin datanya melalui internet. Dengan cara ini lebih mudah, murah dan cepat. E-business sendiri merupakan perluasan dari e-commerce , di mana tidak hanya pembelian dan pembayaran barang, dan pelayanan, tetapi juga disertai pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner bisnis dengan dukungan elektronik sebagai alat transaksi atau organisasi.
Itulah sedikit pembahasan yang bisa saya ceritakan pada pertemuan kali ini. Makasaih J

Pertemuan ke tiga belas
tanggal 08 –Mei–2013

pada pertemuan kali ini diskusi yang sempat terpending minggu lalu akan di lanjutkan. Dan kelompook diskusi kali ini adalah kelompok tiga yaitu saya sendiri yang di temani 3 orang teman kelompok saya, dengan pokok bahasan materi “CLOUD COMPUTING” dan kelompok empat dengan pokok bahasan materi yaitu “BAHASA PEMROGRAMAN”. Huuuh Deg-degannya minta ampun pass kelompok saya yang menjadi pemateri J untung ajja punya teman yang sedikit hebat dari saya. Hehehe J dia yang menjadi pematerinya J seru jugga sihh diserbu dengan berbagai macam pertanyaan. Adduuhhh bisa gak yahh ngejawabnya.? Hmm bisa dong J Alhamdulillah diskusinya berjalan lancar.
Dan ini materi saya yang bisa saya paparkan. Berbicara tentang Cloud Computing. cloud computing sebagai “komputasi berbasis Internet, ketika banyak server digunakan bersama untuk menyediakan sumber daya, perangkat lunak dan data pada komputer atau perangkat lain pada saat dibutuhkan, sama seperti jaringan listrik”. Secara sederhana, Cloud Computing dapat kita bayangkan seperti sebuah jaringan listrik. Apabila kita membutuhkan listrik, apakah kita harus punya pembangkit listrik sendiri? Tentu tidak. Kita tinggal menghubungi penyedia layanan (dalam hal ini, PLN), menyambungkan rumah kita dengan jaringan listrik, dan kita tinggal menikmati layanan tersebut. Pembayaran kita lakukan bulanan sesuai pemakaian.
Ini salah satu contoh gambar cloud Computing
Itulah sedikit pembahasan tentang Cloud Computing.
Sekarang kelompok berikutnya yaitu kelompok 4 dengan pokok pembahasan materi yaitu “Bahasa pemrograman”. Pengertian bahasa pemrograman Pemrograman memberikan intruksi kepada computer agar bekerja seperti yang kita kehendaki. Komputer memahami pemrograman sebagai data dan instruksi dalam bentuk biner (rangkaian bi-bit bernilai 0-1). Sedangkan manusia memahaminya sebagai logika, aritmetika, algoritma, konsep, model dan sebagainya. Untuk menjembatani, dibuatlah bahasa pemrograman yang menerjemahkan dari apa yang dikehendaki/dimengerti manusiamenjadi instruksi mesin computer.
Bahasa pemrograman atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintahkan komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa pemrograman memungkinkan programmer atau user untuk mengolah data sesuai keinginan dia. Bahasa ini merupakan dasar dari suatu perangkat komputer. 
Macam – macam bahasa pemrograman :
·         Pascal
·         Delphi
·         Bahasa C
·         Bahasa Pemrograman C++
·         Visual Basic
·         Java
·         Java Scribd
·         Bahasa Pemrograman PHP
·         HTML
·         Bahasa Pemrogaman Cobol

Mungkin itulah hasil yang saya bisa dapt hari ini..moga’’ bisa bermanfaat buat aku dan orng lain yang akan mendatang

pertemuan ke empat belas
tanggal 15-Mei–2013

Pada pertemuan kali ini diskusi tetap dilanjutkan karena masih ada 4 kelompok yang belum memaparkan materinya. Skarang kelompok 5 yang akan memaparkan materinya dengan pokok bahasan materi “SISTEM MULTIMEDIA”.
Yang saya tangkap pada pembahasan kali ini adalah Multimedia berasal dari bahasa latin (multi & media). Multi artinya banyak, dan Media (medium) artinya sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan, jadi dapat diartikan sebagai pengguna beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, grafik, animasi, dan video.
Multimedia dapat digunakan dalam bidang :
·         Bidang Periklanan
·         Bidang Pendidikan
·         Bidang Jaringan & Internet

Jenis Sistem Multimedia :
·         Berbasis stand alone (hanya satu komputer)
·         Berbasis jaringan.

Setelah diskusi selesai, kirain kelompok 2 juga akan memaparkan materinya, Ternyata gak. pada pertemuan kali ini hanya 2 kelompok saja yang memaparkan materinya yaitu kelompok 1 dan 7, Karena waktu jam mata kuliahnya udah selesai jadii hanya sampai satu kelompok saja yang diskusi pada pertemuan ini. Masih ada 3 kelompok yang belum membahas materinya, dosen saya berkata minggu depan semua kelompok harus membahas materinya dan kita tuntaskan minggu depan J hanya itu yang bisa saya ceritakan pada pertemuan kali ini. Makasihh J

pertemuan ke lima belas
 tanggal 22–Mei–2013

Tidak terasa waktu makin semakin berjalan skarang sudah pertemuan ke 15, seperti yang dosen saya ucapkan minggu lalu kita bahas tuntas materi diskusi kali ini. Dan masih ada 3 kelompok dengan pembahasan yang berbeda. Kelompok 6 dengan pokok bahasan materi “SISTEM PAKAR”.
Pengertian dari  sistem pakar Secara umum adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya. Sistem pakar juga akan dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Dalam penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut disimpan dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu.
Komponen utama pada sistem pakar, System pakar itu sendiri terdiri dari 2 komponen utama yaitu
·         knowledge base yaitu berisi pengetahuan yang digunakan dalam system pakar sedangkan.
·         inference engine yaitu engine menggambarkan kesimpulan yang dihasilkan oleh system pakar.

Tujuan dari sebuah system pakar adalah untuk mentransfer kepakaran yang dimiliki seorang pakar ke dalam computer, dan kemudian kepada orang lain. Itu yang bisa saya ceritakan pada pembahasan materi ini.
Selanjutnyaa kelompok ke 7 dengan pokok bahasan materi
 “ETIKA KOMPUTER”yang saya tangkap tentang etika computer adalah seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan komputer. Etika komputer berasal dari 2 suku kata yaitu etika (bahasa Yunani: ethos) adalah adat istiadat atau kebiasaan yang baik dalam individu, kelompok maupun masyarakat dan komputer (bahasa Inggris: to compute) merupakan alat yang digunakan untuk menghitung dan mengolah data. Jumlah interaksi manusia dengan komputer yang terus meningkat dari waktu ke waktu membuat etika komputer menjadi suatu peraturan dasar yang harus dipahami oleh masyarakat luas.
Sepuluh Perintah untuk Etika Komputer Dari Institut Etika Komputer
·            Jangan menggunakan komputer untuk membahayakan orang lain.
·            Jangan mencampuri pekerjaan komputer orang lain.
·            Jangan mengintip file orang lain.
·            Jangan menggunakan komputer untuk mencuri.
·            Jangan menggunakan komputer untuk bersaksi dusta.
·            Jangan menggunakan atau menyalin perangkat lunak yang belum kamu bayar.
·            Jangan menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi.
·            Jangan mengambil hasil intelektual orang lain untuk diri kamu sendiri.
·            Pikirkanlah mengenai akibat sosial dari program yang kamu tulis.
·            Gunakanlah komputer dengan cara yang menunjukkan tenggang rasa dan rasa penghargaan.
           
Selanjutnya Kelompok 8  dengan pokok pembahasan materi
 “PENGEMBANGAN SISTEM” yang saya tau ini adalah devenisi pengembangan sistem, Pengembangan sistem merupakan penyusunan suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.
Pentingnya pengembangan sistem yaitu Sistem lama yang perlu diperbaiki atau diganti disebabkan karena beberapa hal :
  1. Adanya permasalahan-permasalahan (problems) yang timbul di sistem yang lama.
  2. Untuk meraih kesempatan-kesempatan dalam keadaan persaingan pasar yang ketat.
  3. Adanya instruksi dari pemimpin atau adanya peraturan pemerintah

Tidak terasa waktu semakin cepat beralu, mungkin inilah akhir pertemuan kita di mata kuliah ILMU KOMPUTER  dan semoga apa yang saya cerita ini bisa bermanfaat kepada kita semua terkhusus di Fakultas Teknik Universitas negeri Makassar.
Terimah kasih Kak.babo telah mengajar saya J

 Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.



Powered By Blogger